Suplemen

Suplemen di butuhkan oleh tubuh karena :

  • tubuh tidak dapat menyimpan vitamin yang larut dengan air.
  • Individu umunya cenderung mengonsumsi makanan yang disukainya tanpa memikirkan kandungan nutrisi.
  • Beberapa nutrisi juga sulit di dapat dari makanan yang kita makan.
  • Di era makan cepat saji dengan proses teknologi tinggi dan pencemaran lungkungan, individu semakin tercemar banyak polutan, sehingga asupan nutrisi rata-rata berkurang secara signifikan.

Beberapa Suplemen Nutrisi Penting untuk Otak :

a. Vitamin A

Vitamin A merupakan antioksidan yang penting dan di perlukan untuk pengembangan sistem saraf pada embrio. Vitamin A berperan dalam fungsi otak dengan menempel pada berbagai reseptor sel otak dan memicu reaksi biokimia di sel.

b. Vitamin B

Jika tidak di konsumsi secara cukup dapat menyebabkan depresi, penurunan intelektualitas, dan bahkan penyakit jiwa. Vitamin B penting untuk fungsi mental karena berfungsi sebagai katalis agar reaksi kimia  dalam sel otak dapat terjadi. Kekurangan vitamin B kompleks, terutama B-1, B-3 dan B-12 dapat menurunkan kinerja ingatan.

Terdapat beberapa hal yang menurunkan kadar vitamin B-1 (tiamin) seperti stress, konsumsi alkohol, atau nutrisi yang buruk. Kekurangan vitamin B-3 (niasin) dapat menimbulkan gejala nervous, insomnia, mudah tersinggung, depresi, kecemasan, dan kebingungan. Kekurangan vitamin B-12 (cyanokobalamin) dapat menimbulkan masalah dalam memusatkan perhatian dan ingatan, depresi, dan bahkan halusinasi.

Vitamin B digunakan untuk mengubah protein dan karbohidrat dalam makanan menjadi energi mental.

c. Vitamin C

Membantu otak menyerap protein untuk membentuk neurotransmiter yang menjadi bagian integral dalam proses berfikir dan mengingat. Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas New Mexico, menunjukan bahwa semakin rendah kada Vitamin C dalam darah, semakin buruk skor peserta tes dalam kemampuan ingatan jangka pendek dan kemampuan memecahkan masalah.

d. Vitamin E

Penting untuk mensuplai oksigen pada otot dan melindungi otak dari eefk merusak zat radikal bebas dan proses penuaan. Penelitian terdahulu menunjukkan vitamin E dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

e. Mineral

Mineral (Boron, Seng, Magnesium, Mangan, Besi, kalsium, Tembaga, selenium).

Penelitian di pusat penelitian Gizi Manusia USDA menemukan bahwa 3 miligram boron dapat meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan belajar. Dr. James Penland, peneliti dari Pusat Penelitian Gizi Manusia Grand Forks, Department Pertanian Amerika Serikat, menyatakan bahwa asupan boron, tembaga dan mangan yang tidak mencukupi berpengaruh buruk pada ingatan, pikiran dan Mood.

Kekurangan Magnesium dapat mengaburkan ingatan kita dengan cara menghambat sirkulasi darah di otak. Dan kekurangan seng terutama pada manula, telah lama dihubungkan dengan kebingungan mental dan bahkan penyakit Alzheimer. Penelitian yang diselenggarakan di Universitas Texas melaporkan kemampuan mengingat kata dan pola visual meningkat dengan suplemen seng, dan penelitian yang di lakukan oleh Dr.Don Tucker dari Universitas Oregon menemukan bahwa otak dewasa dapat meningkatkan kewaspadaan, ingatan, dan bahkan kelancaran berbicara dengan suplemen zat besi. Kekurangan zat besi pada anak-anak dapat menyebabkan kesulitan memusatkan perhatian dan sulit mempelajari materi baru.

f. Asam Ribonukleat

Asam Ribonukleat (RNA) dan asam Deoksiribonukleat (DNA) ada di tiap inti sel. RNA adalah kunci yang penting dalam mempelajari tentang ingatan. Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 1970, sekelompok tikus yang RNA-nya di trasnplantasikan dari sekelompok tikus terlatih, menunjukkan adanya transfer perilaku.

Dalam penelitian lain, binatang yang diberi suplemen RNA dapat belajar cepat dan mengalami perpanjangan usia hingga 20%. Namun, saat disuntik dengan enzim yang merusak RNA, kemampuan belajar tersebut menghilang. Pada manusia, RNA adalah faktor penting dalam perbaikan jaringan, penyembuhan dan pengembangan otak, dan dapat di temukan secara alami pada ikan (terutama ikan sarden), kerang, bawang, dan ragi. Suplemen RNA di perkirakan dapat meningkatkan kemampuan otak dan saya ingat serta melindungi sel otak dari akibat oksidasi lemak.

g. NADH

Dalam uji coba klinis, 80% pasien Parkinson mendapat manfaat dari suplemen NADH (nikotinamid adeniene dinukleutid). NADH mampu meningkatkan aktifitas otak dan kemampuan motorik pada pasien alzheimer, parkinson, kelelahan kronis, dan depresi. Selain itu, orang sehat juga dapat mengonsumsi NADH mengalami peningkatan konsentrasi , energi, stamina, dan mood. NADH yang juga dikenal sebagai koenzim 1, terdapat dalam setiap sel hidup dan berperan penting dalam kapasitas produksi energi tubuh., terutama di otak dan sistem saraf pusat. NADH bekerja dengan menstimulasi produksi dopamin dan neurotransmiter lain.

h. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah tumbuhan tertua yang diketahui manusia. Tumbuhan tersebut dapat meningkatkan ingatan pada manusia. Di minum, dalam bentuk ekstrak. Ramuan ginkgo biloba mamperlancar sirkulasi darah ke otak., sehingga kemampuannya meningkat.

i. DHA

Penelitian menunjukkan bahwa DHA (Asam dakosa-heksaenoat) memiliki peranan penting dalam ingatan. DHA, sebuah bentuk asam lemak omega-3 adalah agen anti-peradaban yang melindungi membran sel dari oksidasi dan meningkatkan daya lumas sel.

DHA merupakan zat tambahan dalam susu bayi, yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Penelitian pada orang dewasa juga melaporkan bahwa menyantap ikan setidaknya sekali dalam seminggu dapat mengurangi resiko alzheimer hingga 70% di bandingkan dengan mereka tidak menyantap ikan. Omega-3 juga di temukan dalam minyak tumbuhan.

salah satu Produk yang mengandung Omega-3 dan DHA di pasaran

j. Asetil-L-Karnitin

Asetil-L-Karnitin (acetyl-L-carnitine, ALC) terkait erat dengan amino karnitin, adalah senyawa alami yang meningkatkan pertukaran energi antar sel dan memperkuat komunikasi antar sel otak kanan dan kiri. Penelitian lebih lanjut yang terhadap 500 pasien lanjut yang telah mengalami penurunan fungsi mental terjadi peningkatan setelah mengonsumsi suplemen ALC. Pasien yang menerima ALC langsung menunjukkan peningkatan signifikan dalam serangkaian tes mental.

Penelitian di Italia tahun 1992 menunjukkan bahwa ALC meningkatkan kinerja mental pada orang muda yang sehat dan penelitian ilmuwan Roma pada atlet profesional menunjukkan l-karnitin meningkatkan potensi biologis tubuh.

k. Piracetam

Piracetam berguna untuk mengurangi stress metabolis dalam kondisi kurang oksigen, serta meningkatkan metabolisme dan energi saraf—baik   bagi individu sehat maupun yang mengalami gangguan ingatan. Selain itu Piracetam berfungsi memperlambat kehilangan ingatan akibat pertambahan usia dan memfasilitasi komunikasi antara otak kanan dan otak kiri,. Potensi aplikasi klinis piracetam sangatlah banyak – mulai terapi alzheimer dan epilepsi hingga gangguan konsentrasi dan disleksia. Piracetam diketahui tidak memiliki kontra indikasi, aman, dan tidak beracun.

l. Nimodipin

Penghambat saluran kalsium (sering di resepkan untuk penyakit jantung) dinyataan sebagai senyawa luar biasa karena memiliki efek yang luas. Selain potensial untuk terapi alzheimer, Nimodipin juga sedang menjalani uji coba untuk mencegah penurunan ingantan akibat usia. Nimodipin meningkatkan aliran darah ke otak dengan cara mencegah penyempitan dan penggumpalan di pembuluh darah otak. Dalam uji coba klinis terhadap para usia lanjut yang mengalami penurunan ingatan, Nimodipin dilaporkan mempunyai efek positif terhadap penyakit yang terkait dengan stress, meningkatkan ingatan, depresi, dan kondisi otak keseluruhan,  juga mengurangi kegelisahan.

m. DMAE

Dimetilaminoetanol, secara generik dikenal sebagai deanol atau deaner adalah stimulan otak yang aman dan banyak dikenal. Stimulan ini mengoptimalkan produksi asetilkolin, neurotranmiter yang sangat terkait dengan pembelajaran dan ingatan. Sangat efektif untuk pasien dengan kelelahan kronid dan depresi ringan, atau sedang. DMAE juga di laporkan menstimulasi mimpi yang berkesan serta memacu ingatan dan konsentrasi dalam belajar.  DMAE menyebabkan stimulasi ringan tanpa efek depresi jika dihentikan.