Secara biologis normal, manusia dapat bertahan tidak makan selama 2 minggu, namun akan mengalami gangguan kesehatan serius jika tidak tidur  dalam waktu 3 x 24 jam.

Aksioma mengenai tidur 8 jam sehari sebagai tidur sehat ternyata dipatahkan oleh penelitian Daniel F. Kripke seorang profesor ahli psikiatri dari Universitas California. Setelah membuat penelitian  6 tahun di Amerika Serikat dan Jepang, ia menyimpulkan bahwa tidur selama 8 jam sehari memiliki resiko kematian lebih cepat dibandingkan tidur selama 6-7 jam sehari. Penelitian tersebut melibatkan responden berusia antara 30-120 tahun.

14 Abad Silam, jauh sebelum ilmu kedokteran berkembang seperti sekarang, Nabi Muhammad SAW sudah mencontohkan cara tidur sehat.  Beliau tidur sekitar jam 9 malam, dan bangun sekitar jam 2 pagi (kurang lebih 5 jam tidur) untuk mendirikan sholat Tahajjud hingga waktu sholat subuh. Kemudian beliau beristirahat sejenak (sekitar satu jam) hingga waktu terbitnya matahari. Waktu dan posisi   yang beliau pilih untuk tidur sangat bermakna bagi kesehatan bahkan.

Ibnu Qayyim berkata, “Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur dan bangun beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proporsional dan paling bermanfaat untuk badan, organ, dan kekuatan.”

Tidur Siang, walau sebentar sangat dianjurkan.

Kompas selasa 23/2 memberitakan bahwa Tidur siang bisa membuat manusia menjadi lebih pintar. Para peneliti mendapati bahwa tidur siang selama sejam sudah cukup untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari fakta-fakta baru dalam jam-jam berikutnya. Sebaliknya, jika kita memaksakan untuk tetap terjaga sepanjang siang, maka semakin lamban pikiran. Penelitian ini, sejalan dengan penelitian Buzan, Bahwa otak memerlukan jeda, tiap satu jam pembelajaran. Makin banyak jeda, otak makin optimum kemampuannya. Dan tidur, merupakan jeda yang paling baik.

Penelitian baru-baru ini menyimpulkan bahwa tidur siang yang lelap juga mampu mendongkrak kapasitas belajar otak secara dramatis. Penemuan baru ini mendukung data sebelumnya dari tim peneliti yang sama, bahwa begadang semalaman bisa mengurangi kemampuan untuk memasukkan hal-hal baru hampir sebanyak 40 persen. Hal ini disebabkan penutupan bagian-bagian otak selama kita kehilangan waktu tidur.

-=o0o=-

Baca Artikel Terkait :

Tips Tidur yang Menyehatkan