Teknik Memori Super

Otak Memori

Tiga Prinsip Memori

Melalui instropeksi, diskusi dan pertukaran ide, Bangsa Yunani menemukan sesungguhnya memori yang didasarkan pada ASOSIASI dapat bekerja untuk menghubungkan berbagai hal menjadi satu. Misalnya, ketika otak Anda mencatat kata ‘apel’, otak akan mengingat (menghubungkan) warna, rasa, tekstur dan bau dari buah itu, dan juga pengalaman, teman dan peristiwa yang berhubungan dengannya. Di samping Asosiasi, bangsa Yunani menyadari bahwa, agar sesuatu dapat diingat, hal tersebut haruslah merupakan GAMBARAN atau citra yang luar biasa dan melibatkan beberapa indera. Tiang ketiga dari Memori adalah LOKASI. Dengan kata lain, otak Anda akan mengingat sesuatu yang mempunyai gambaran dan asosiasi yang berada  pada lokasi khusus. Bila Anda berjalan memasuki perpustakaan yang mempunyai koleksi ribuan buku, dan Anda ingin menemukan sebuah buku khusus, mana yang akan lebih mudah bila seluruh buku itu ditumpuk di lantai di tengah ruangan dan Anda harus mencarinya secara acak, atau bila buku-buku itu dibuat katalognya dengan rapi dan elegan serta disusun? Jelas keadaan kedua lebih mudah. Teknik Memori Super akan membantu Anda melakukan tepat seperti itu untuk otak Anda!


Dua Belas Teknik Memori

Terdapat 12 teknik khusus yang membantu memori Anda menggunakan asosiasi, gambaran, dan lokasi. Bila Anda menyusun huruf pertama dari ke 12 teknik kunci ini (dalam bahasa Inggris), akan tersusun frasa ‘SMASHIN’SCOPE’ (kesempatan mendobrak).

1.Synaesthesia/Sensuality (Sinestesia/Sensualitas)

Sinestesia merujuk pada bauran dari yang dirasakan oleh indera. Para Ahli Memori ‘alami’ pada umumnya, dan semua ahli mnemonic, mengembangkan kepekaan yang semakin tinggi dari setiap indra mereka, lalu membaurkannya untuk menghasilkan ingatan yang meningkat. Dalam mengembangkan memori Anda juga harus meningkatkan kepekaan indera dan melatihnya secara teratur .

2.Movement (Gerakan)

Gerakan akan menambah rentang kemungkinan raksasa dari otak Anda . Kalau Anda bergerak, buatlah  menjadi tiga dimensi (ruang).

3.Association (Asosiasi)

Apapun yang Anda ingat, pastikan Anda mengasosiasikan atau menghubungkannya dengan sesuatu yang mudah dikenal.

4.Sexuality (Seksualitas)

Hampir semua orang mempunyai memori yang baik di bidang ini. mari menggunakannya!

5.Humor (Humor)

Semakin aneh, tidak masuk akal, lucu, dan tidak nyata Anda buat, gambaran itu akan semakin mudah Anda ingat. Bersenang-senanglah dengan memori Anda.

6.Imagination (Imajinasi)

Einstein berkata, ‘Imajinasi’ lebih penting ketimbang pengetahuan. Karena pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi mencakup seluruh dunia, merangsang, kemajuan, melahirkan evolusi. ‘semakin  banyak Anda menerapkan imajinasi Anda pada memori, memori Anda akan semakin baik.’

Silakan Lihat Imagination Code

7.Number (Nomor)

Penomoran akan menambah spesifikasi dan efisiensi pada pengetahuan atau hapalan yang mempunyai susunan dan urutan.

Silakan Lihat Numeric Code

8.Symbolism (Simbiolisme)

Menggantikan bayangan yang biasa atau membosankan dengan yang lebih berarti meningkatkan kemungkinan untuk mengingat.

9.Color (Warna)

Jika memadai dan memungkinkan, gunakan semua warna pelangi, untuk membuat ide Anda lebih ‘berwarna-warni’ dan oleh karena itu akan lebih mudah diingat.

10.Order and/or Seguence (Susunan dan/atau Urutan)

Dalam kombinasi dengan prinsip-prinsip yang lain, susunan dan/atau urutan memungkinkan jauh lebih banyak rujukan seketika, dan meningkatkan kemungkinan otak untuk ‘mengakses secara acak’.

11.Positive Images (Bayangan Positif)

Bayangan positif dan menyenangkan akan lebih mudah diingat, karena bayangan positif membuat otak ingin selalu kembali ke bayangan tersebut. Bayangan negatif tertentu, (walaupun menerapkan semua prinsip memori di atas, dan walaupun bayangan itu sendiri ‘mudah diingat’), kemungkinan akan dihambat oleh otak karena tidak menyenangkan.

12.Exaggeration (Berlebih-lebihan)

Dalam semua bayangan Anda, buat ukuran, bentuk, warna, dan suara berlebihan.

Iklan