SENAM OTAK

Senam otak (Brain Gym) pertama kali dikembangkan oleh Dr Dennison dan istrinya setelah melewati masa riset selama hampir 19 tahun. Terdapat keterkaitan antara perkembangan tubuh, bahasa dan prestasi akademik  Ia kemudiam mengembangkan serangkaian gerakan yang dinamakan Brain Gym dan berhasil mengubah kesulitan belajar menjadi sebuah keberhasilan yang luar biasa.Paul Dennison membagi otak ke dalam tiga fungsi utama, yaitu :

  1. Dimensi Lateral : koordinasi antara hemisfir kanan dan kiri yang berguna untuk membangun/mengembangkan komunikasi dengan lebih efektif

  2. Dimensi Pemusatan : Koordinasi antara bagian atas dan bawah otak yang berguna untuk mengatur proses berpikir dan tindakan.

  3. Dimensi Fokus : koordinasi antara batang otak dan pre-frontal cortex yang berguna untuk tujuan pemahaman dan perspektif.

Senam otak sangat baik dilakukan pada awal pembelajaran, yang berguna untuk membuka titik-titik positif belajar. Setelah belajar, Senam otak juga bisa dilakukan kembali untuk membuat santai/rileks akibat proses pembelajaran yang melelahkan/menegangkan/membutuhkan konsentrasi tinggi. Senam otak bisa pula berfungsi untuk meredakan dan mengurangi stress.

Artikel Terkait :

Senam Otak : Membangkitkan Titik Positif

Senam Otak : Menyeimbangkan Otak Kiri dan otak Kanan

Senam Otak : Gerakan Menyilang


-oOo-