Imagination Code (IC)

“Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan. Karena pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi mencakup seluruh dunia, merangsang kemajuan, melahirkan evolusi” (Einstein).

Untuk menghapal banyak hal, kita mesti mengubah materi yang akan kita hapal dengan banyak imajinasi. semakin banyak imajinasi yang terlibat, maka semakin banyak materi yang bisa disimpan dalam otak.

Dalam pembelajaran, dikenal dua dunia, yakni :

Dunia Lain : Dunia Asing, dunia misteri, yang mengandung kata/kalimat yang tak bisa/sukar dimengerti oleh otak. Contoh: Sourire, Peu de, TjXsmLkVy, 638732679

Dunia Kita : Dunia yang dikenal dengan baik oleh otak. Otak sangat mengerti tiap kecap kata/kalimat, susunan angka, beserta makna yang terkandung di dalamnya,    Contoh: Kata >>> Pagi, matahari, berjalan, tidur.

17081945 >>> Hari, bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia
Inti dari cara Imagination Code (IC) adalah mengubah materi hapalan menjadi sebuah simbol, cerita, atau sesuatu yang bisa kita imajinasikan, sehingga materi hapalan yang susah, yang kata-katanya asing (karena berada dalam dunia lain/dunia misteri), berubah menjadi hapalan yang mudah (karena berada di dunia kita, dunia yang mudah dipahami).

Macam-macam Teknik Imagination Code :

1. Imagination Code : Teknik Memintal Kata (IC-TMK)

Contoh : bagaimana cara menghapal 1 Inch = 25,400 mm?

Ada empat variabel di atas yang harus kita pecahkan dengan menggunakan Imagination Code, yakni 1, Inch, 25,400 dan mm.

dengan sedikit imajinasi, kita bisa menganalogikan :  1 (satu) sebagai sate, Inch sebagai kelinci, 25,400 sebagai harga Rp 25,400,- dan mm sebagai makan malam.

Nah, kata-kata tersebut bila dipintal akan menjadi :

sate kelinci harganya Rp. 25, 400,-per makan malam.

Tiap ingat sate kelinci, kita ingat bahwa inch=25,4mm. Begitu juga sebaliknya, saat kita ingin mengjkonversi nilai inch kedalam milimeter (MM), dengan mengingat kata kunci ‘kelinci’, kita pasti akan mengingat nilai konversinya.

Pembahasan IC-TMK lebih detail, silakan klik disini

2. Imagination Code : Teknik Merangkai Cerita (IC-TMC)

Kurang dari 50% manusia bisa menghapal nama-nama planet dengan urut dan benar. Ini menunjukkan bahwa proses penyimpanan informasi dengan metode konvensional, sebagaimana yang dilakukan manusia normal, rentan kerancuan dan kealpaan.

berikut akan ditunjukkan bagaimana Teknik IC-TMC bisa membuat kita menghapal dengan mudah, dan informasi tersebut akan bertahan dalam jangka panjang.

Nama Planet Imagination Code
Merkurius Merah Kurus
Venus Pinus
Bumi Minyak Bumi
Mars Emas
Jupiter Yamaha Jupiter
Saturnus Satu Nusa
Uranus Urat halus
Neptunus Nenek Ketus

Suatu ketika, ada seorang anak berwajah merah kurus, berjalan diantara jajaran pohon pinus, untuk mencari minyak bumi. Ternyata ia malah mendapat emas, sehingga bisa dibuat untuk membeli sepeda motor Yamaha Jupiter. Dengan senangnya, ia menyanyikan lagu satu nusa, satu bangsa, saat makan bakso urat halus. Hingga kemudian, seorang nenek ketus mendampratnya!

Pembahasan IC-TMC lebih detail, silakan klik disini